Monday, 5 December 2016

Cara perawatan mesin motor

yoooo,,,,,whatss upp,,para pecinta Otomotif di seluruh pelosok negeri.kali ini gue akan membahas

 ''gimana sih cara merawat mesin motor yang baik dan benar?''.




yappp...disinilah tempatnya gue akan membahas tips-tips untuk merawat mesin dan perfoma motor agar selalu ''Siap GASSS..'' dimanapun dan kapanpun.Dan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan diantaranya adalah, bagaimana cara merawat motor yang benar, bagaimana cara merawat rantai motor biar halus suaranya, atau untuk pengguna satriaF150 bagaimana cara merawat motor satria fu agar awet dan tahan lama. Nah dibawah ini gue akan jelasin dari pertanyaan diatas, dimana beberapa sumber yang saya dapat dari yahoo answer dan beberapa pengalaman pribadi maupun orang lain.


lakukan perawatan secara rutin rajin rajin mengecek .kerusakan dan ke Aus an sparepart motor anda tentu akan membuat motor lebih awet dan tahan lama seperti baru .Sooo apa aja sih yang perlu di perhatikan ;

1. Pastikan pada saat pagi hari sebelum memulai kegiatan berkendara mesin motor wajib di panasi yaa  istilah keren nya warm up/streching dulu biar oli naik dan mesin panas dan alangkah baik nya sebelum menyalakan sepeda motor gunakan kick starter(genjotan) dan mesin dlm keadaan mati (kunci kontak off)mengapa dan kenapa harus seperti itu terlebih dahulu sebelum mulai menyalakan mesin.Supaya oli yang berada di bawah Crankcase/gearbox naik melumasi Boring/liner agar pada saat waktu mesin menyala dan mulai pembakaran bagian Seher/Piston sudah terlumasi oli dengan rata untuk menghindari gesekan yang mengakibatkan rumah piston rusak
2. Menentukan Oli mungkin sebagian orang menganggap remeh hal ini tapi hati hati hal ini sangat penting karna merk dan jenis oli bisa di sesuaikan dengan mesin(kebutuhan mesin)yang kamu pakai mulai dari keencerannya ataupun kekentalannya.
3. Dan hal sepele selanjut nya soal kebersihan body luar sepeda motor cucilah setidaknya 2x dlm 1 minggu atau sering sering di lap agar tidak ada kotoran yang menyebabkan body berjamur bahkan kerusan pada mesin akibat terselip kotoran


     1.kick stater di pagi hari sebelum memulai menyalakan mesin

                      2.Pilih oli sesuai kebutuhan mesin anda

                    3. cuci sepeda motor anda 2x dalam 1 minggu

Merawat motor dengan baik itu adalah hal yang wajib, karena selain menjaga motor tetap awet, bisa juga motor terlihat masih baru karena dirawat dengan baik, salah satunya cat-catnya masih begitu mulus dan belum luntur warnanya. Untuk itu kamu bisa melakukan perawatan sendiri dirumah berikut caranya.

A. Cek filter karburtor
     Ada 2 jenis tipe fiter di kendaraan bermotor yakni filter basah dan filter kering ,untuk filter          basah cara membersihkan nya dengan cara di bersihkan dengan bensin dan setelah nya di lumasi dengan oli.Untuk fiter kering cukup mudah cukup di semprot dengan angin kmpresor maka kotoran debu yang menempel akan bersih bersamaan dengan angin kompresor

B. Cek karburator
      Karburator termasuk komponen paling penting dalam kendaraan bermotor .ada beberapa jenis karburator di kendaraan bermotor yakni tipe jarum skep ,tipe vacum.atau baru baru ini yang sudah bnyak bermunculan yaitu injeksi .sebenarnya untuk orang yang tau soal karburator cuma ada beberapa komponen di dalam nya seperti pilot jet,main jet tapi saran dari saya buat yang belum faham tentang karburator mending di bawa ke bengkel terdekat karna walaupun berkomponen sedikit tpi rada susah untuk menyeting stasioner nya atau ke langsam man motor tersebut .

C.Cek busi motor
    sparepart 1 ini sangat lah penting untuk motor  entah itu sebagai penyalur Api dan juga sebagai penentu performa laju kendaraan bermotor kita juga bisa melihat seberapa pas bahan bakar kita untuk sepeda motor kita melalui busi tersebut.Untuk lebih terawat gantilah busi kendaraan bermotor anda setiap 10ribu KM.Untuk menjaga performa kendaraan bermotor anda tetap Vit 

D.Cek rantai gear 
     Rantai gear juga sangat berpengaruh di laju kendaraan bermotor karna sebagai satu-satu nya penyalur dari tenaga mesin ke roda motor kita .cukup mudah untuk merwat nya apalagi sekarang sudah bnyak bermunculan produk-produk pembersih gear rantai yang banyak terjual di bengkel bengkel yang perlu kita amati kekendoran rantai jarak maksimal naik turun rantai 2cm karna kalau terlalu kencang dan tidak mempunyai gerak juga sangat berbahaya

E.Cek air accu 
   sekarang sudah jarang produk motor mengeluarkan motor dengan menggunakan Accu basah kebanyakan menggunakan accu kering yang setau saya sekali pake ''lo ngadat ya minta di ganti''hehehe tapi untuk accu yang basah kita cukup memperhatikan air accu yang ada di dalam accu biasanya sudah terdapat tulisan High-low tinggal kita sering sering cek saja.

F.Gunakan sparepart asli
   ngomong in sparepart di jaman sekarang sudah banyak sekali produk-produk KW iya memang soal harga jauh lebih murah di banding yang asli(Original) tapi kebanyakan mesin motor rusak karna pemakaian sparepart KW karna bahan yang di gunakan beda jelas sama produk asli.jadi mending bayar rada mahal an dikit tapi di motor awet.nyaman dan yang jelas kita gak terlalu sering merogoh dompet kita untuk beli sparepart ,jadi saran saya pakai lah produk sparepart asli.

G.Jangan geber motor berlebihan

    lo soal 1 ini pasti semua pernah melakukan apa lagi saya '' hehehehe'' .geber motor sebenarnya tidak bagus karna bisa merusak bagian piston karna bekerja lebih tidak pada umum nya dan bisa mengakibatkan kekendoran pada komponen dalam sepeda motor..jadi pakai nya alakadar nya saja selain ramah lingkungan dan yang pasti motor lebih awet,,''yang waktu jaman sekolah buat pelajaran saja ''hehehehehehe




mungkin itu dulu tips merawat mesin kendaraan sepeda motor bisa di coba di rumah sekalian berkotor-kotor ria  hehehehe semoga tulisan di atas bermanfaat untuk merawat motor di rumah 

see you next time yaaa....salam otomotif

No comments:

Post a Comment