Bore Up

Bumbu Rahasia Korek Harian Satria Fu150cc ,Irit budget 


korek harian- Hal ini pasti sudah tidak asing di terlintas di kehidupan kita.Apa lagi anak muda sekarang yang suka kebut-kebut an di jalan.So..pasti biaya yang di perlukan cukuplah mahal untuk beli produk-produk pendukung,tapi tenang buat para pecinta Aksi kebut malam jangan khawatir soal biaya dan gak harus keluarin biaya banyak(mahal) untuk kita mempunyai motor dengan performa yang yahuuuuttttt "sahut Fauzan atau sering di sapa Ojan"

mekanik bengkel Tirta Graha Concept akan membagikan sedikit pengalaman untuk urusan korek harian,tanpa harus ngluarin biaya yang banyak "kalau yang hemat ada kenapa harus mahal" hehehe 

banyak yang nasih kurang puas,salah satu nya pengguna motor satria F yang pada basic nya motor ini sudah di lengkapi dengan sistim mesin DOHC .ehhhhhhmmmmmm kurang apa coba,,

trus bagaimana cara bikin motor kenceng tapi hemat di budget?

okey langsung saja kita simak bersama,.

  • Head Slinder
    melakukan Porting,setelah mesin sudah terlepas lakukan porting pada bagian lubang in/ex dan yang paling penting sesuaikan dengan Rumus Graham Bell jangan terlalu lebar melakukan porting cukup di hilangkan kulit jeruk nya saja,karna misal terlalu besar motor bukan nya enak tapi malah berat tarik an nya.Ukuran porting in/ex sama saja cuma di bagian ex di ujung mau mendekati knalpot biasanya ukuran nya di perlebar karna di bagian dekat knalpot lebih cepat membuang gas buang di bandingkan dengan yang berlawanan.ini bertujuan agar pembuangan seimbang waktu melewati ke2 klep tersebut.langkah selanjutnya lakukan polis klep/skur klep hal ini di lakukan agar klep lebih rapat dan menghasil kan kinerja kompresi yang bagus.untuk finishing lakukan dengan autosol agar pori-pori kasar klep menjadi halus,per klep di ganjal 1.5mm lumayan lah dari pada standar hehehehehe walaupun harian tetep saja ngeri Floating nya hehehe
  • Block slinder dan piston
    namanya juga irit budget ,,udahlah cukup menggunakan piston bawaan pabrik udah cukup ngaciiirrrrrr kok.pangkas bagian bawah bubut 1mm dan kurangi sedikit bagian dalam piston untuk mencapai RPM tinggi dengan cepat.selanjutnya coak kepala piston 1mm jangn terlau dalam karena terlalu dalam coak an maka kompresi semakin berkurang ..mubadzirkan jadinya hehehe dan dinding piston di bor dengan menggunakan mata bur 6mm sejumlah 4 dan lubang 8mm di bagian tengah hal ini bertujuan untuk memperingan piston dan sebagai jalur oli agar linner/boring tetep awet walaupun sering di pake dalam RPM tinggi
    gmb.contoh coak an seher yang pas

  • Noken AS
    ubah durasi kem tapi jangan terlalu tinggi,polish bagian pantat kem 0,5mm setelah tinggi nya sudah bertambah 1mm lakukan pencopotan pada bagian dicskompresi komponen ini mempunyai peran untuk membocorkan kompresi agar motor lebih gampang nyala dan selanjut nya ini yang paling penting lakukan penggeseran baut pada top awal sejauh 5derajat kita hanya butuh 5derajat saja untuk motor standar, kalo gak percaya hitung 360derajat:jumlah mata gigi.Untuk timing in dimajukan danuntuk ex di mundurkan,untuk penggunaan paking gunakan 0 packing untuk head dan 0,25mm untuk blok
    • gmb.Noken As
  • Kopling
    Untuk kamvas kopling gunakan milik shogun 125 selai n lebar dan tebal yang pasti harga terjangkau hehehehe,jumlah kamvas 4lbr dan 2lbr caranya 2 kamvas bekas 1 di antaranya di gerinda halus setelah itu di gabungkan dengan bagian yang di gerinda satunya dengan demikian dimensi lebih tebaldan yang pasti lebih menggigit anti selip hehehee,,dan pr kopling cukup menggunakan milik smash hehehe maklum hemat budget atau bisa menggunakan ring per ukuran 14mm
     untuk mengganjal per kopling yang standart
  • Balance Mesin
    pada bagian ini cukup lepas dinamo stater pada  magnet beserta balancing nya,bubut magnet bagian belakang tidak melebihi dudukan balancing dan bagian luar 2mm
  • Pengapian
    cukup menggeser fulser 5derajat karna top kita juga maju 5derajat dan ukurlah celah busi 0,75mm untuk koil cukup menggunaka punya kaze yang memiliki type AC, mau nya juga sekalian sama CDI kaze juga yang sama-sama memiliki type AC tpi terlalu bnyak ubahan dan kabel busi di ganti dengan milik mobil yang ber ukuran 0,2ohm
  • Karburator
    untuk pemakaian karburator pake sewajar nya saja seperti PE28.pwl 28  tentunya dengan settingan repairkit yang pas
  • Tambahan pendukung
    gear depan menggunakan milik fizR yang hanya pada bagian kancing depan di kancing dengan menggunakan snap ring
    ban dpn/blkng 215/225,menggunakan gas spontan,dan tentunya penggantin knalpot free-flow
giat-giat setting dan jangan pernah minder dengan motor yang menggunakan produk PnP(plug N play),aftermarket .belum tetntu motor itu ketemu settingan nya ..demikian info dari saya seputaran kebut-kebutan heheheheeh semoga bermanfaat ya 













No comments:

Post a Comment