Monday, 5 December 2016

Cara melepas baering pada CVT matic

laher rumah CVT paa motor matic
yooooooo whatzz up....para pecinta otomotif..kali ini gue akan membahas/mengulik gambar di atas 

itu apa an ??? trus mau di apain??..

oke langsung saja gambar di atas adalah laher(laker) rumah CVT pada dasar nya dalam kurun waktu beberapa tahun setelah kita membeli sepeda motor baru pasti nya akan terjadi kerusakan-kerusakan pada part/komponen motor tersebut salah satu nya ya laher(laker) itu tadi..dan di sini gue mau kasih tips ke pada brother-Brother yang mungkin masih awam apa blum pernah mengganti part/komponen ini .Coba kita perhatikan seksama 

 "gimana cara ya trus lewat mana nglepasin itu laher(laker)"

berbeda dengan laher-laher yang ada di motor seperti laher roda.trus laher noken as.bahkan di gear box yang ada celah/tempat untuk kira melepas nya.Sedangkan di CVT ini tidak ada celah untuk kita melepas nya 

"apa iya di bolong dulu CVT ny hehehehehe" atau "di rusak pake las"hehehehe 

jangan buru-buru bro masih ada cara lain untuk melepas laher CVT tanpa merusak komponen yang ada dengan cara

    Dengan cara menggunakan Lilin

  • langkah pertama ambil lilin 2-3 batang
  • tumbuk halus semua lilin tersebut
  • ambil laher CVT yang masih menempel/terpasang pada CVT
  • ambil baut ukuran 12 sekitar 4cm
  • masukan tumbukan lilin tadi ke tengah lubang laher..isi sampe padat dan di sertai di dorong dengan menggunakan baut yang sudah di siap kan taditerus padat kan dengan baut sampe laher terlepas keluar.

atau bisa pake koran dengan cara di bahasi terlebih dahulu dan di robek kecil-kecil ,lakukan seperti di atas 

ini cara lama hehehehe iya mungkin sekarang sudah ada traker khusus untuk mencopot laher yang ada di tempat sulit di jangkau..sekedar tips saja untuk yang belum punya traker dan terjadi kerusakan pada part/komponen tersebut'''


sekian dari saya salam sport buat brother-brother semoga bermanfaat 

Mengenal Lebih jauh mesin DOHC

Apa sih DOHC itu?......

hallo...salam sport buat para pecinta otomotif di seluruh pelosok negeri kali ini saya akan membahas tentang ''apa sih mesin DOHC itu''..terlebih lebih dan yang kita sering dengar di mesin satriaF150 yang sudah hampir di seluruh indonesia menggunakan motor keluaran Susuki ini.SatriaF150 ini mengusung mesin 150 cc 4 langkah 4 katup DOHC(double overhead cam),transmisi 6 speed serta dilengkapi system pendingin SACS(suzuki advance cooling system) system pendingin ini memanfaatkan sirkulasi oli sebagai system pendingin pada bagian mesin yang cepet panas(kepala silinder dan buring).

Tapi disisi lain dari performa yang diusung oleh pabrikan Susuki ini tentu nya juga mempunyai kelemahan atau kekurangan nya .Beberapa pengendara motor satriaFU150 sering mengeluh ada nya suara tidak enak atau bikin risi yang berasal dari mesin pabrikan Susuki ini. Hal ini biasanya yang sering terjadi adalah rantai mesin yang sudah kendor dan harus segera diganti. Ada juga munculnya suara-suara berisik itu bukan berasal dari rantai mesin tetapi dari setelan klep (shim klep) yang mulai aus atau merengang.kita tahu bahwa setelan klep yang dianjurkan pada motor ini (setelan klep bawaan pabrik) untuk klep in/klep masuk antara 0,10-0,20 mm dan untuk klep ex/klep buang 0,20-0,30mm. Bila setelan klep sudah tidak sesuai standard atau melebihi ukuran, biasanya klep akan menimbulkan bunyi berisik(tik tik tik)dan jika itu didiamkan dan dibiarkan berlarut-larut resikonya bisa fatal bisa menyebabkan batang (arm) klep ikut aus.

ooooya....di mesin satriaf150 ini pada bagian Noken as belum menggunakan bantalan berupa bearing hanya mengandalkan celah yang ada di tutup kepala noken dan kepala slinder .Hal ini menyebabkan celah membesar akibat timbul nya gesekan yang terus menerus saat mesin motor nyala/dihidupkan.

''trusss bagai mana mengatasi problema DOHC tersebut?''

Hal pertama yang harus dilakukan pastikan noken as dalam keadaan standatr,masih pada posisi standart,masih kencang,tidak goyang dan pesan saya jangan buru buru buat ganti/beli head,slinder baru kita masih bisa atasi hal tersebut dengan cara menyetel kembali noken as kita.



1.posisi T/Top noken as satriaFU
"Bagaimana cara menyetel noken as ?" 


  • Pertama copot oil cooler,body.knalpot.bagian yang sekiranya menggangu penyopotan head slinder.kemudian buka mesin dan lepaskan head slinder....eeeeeittt jangan lupa sebelum membongkar mesin pastikan mesin motor anda berada dalam posisi T (top)
  • Siapkan 4 buah bearing yang akan digunkan untuk noken as
  • kemudian bawa ke tukang bubut besertakan head slinder,noken.bearing dan jelaskan bagaimana bearing tersebut di pasangkan tai kebanyakan tukang bubut sudah paham maksud kita karna mereka sudah sering melakukan itu Setelah itu pasang kembali head.noken .tentunya dengan ukuran yang standar dan pemasangan yang standar

2.noken as dan bearing setelah di bubut
Dan keluhan/problema di susuki satria fu yakni..''kok brebeet ya di RPM rendah''
solusi untuk mbrebet ganti dengan pilot jet yang berukuran lebih tinggi ukuran standart pilot jet di karburator Susuki satriaF150 ini 12,5 maka kita bisa pake yang ukuran 5 atau 17,5 tinggal menyesuaikan.Kita bisa beli sparepart itu di dealer resmi disana tersedia bnyak denagn harga 28-30ribu saja ,,dan sekalian minta tolong setting di sana juga tentunya dengan peralatan yang modern sehingga motor akan mendapatkan hasil yang maksimal.
3.karburator satriaF150cc

Mesin motor halus tidak ada suara-suara ghaib heheheh tidak breebet juga udah siap dah mboncengin si Do'i heheheheheh..dan jangan lupa panaskan motor sebelum di gunakan untuk ber aktifitas cukup 3-5 menit an saja tidak usah lama-lama,karna kalau terlalu lama mesin cenderung Overheat ,efeknya knalpot nya akan berwarna kekuningan.ingat bahwa kebanyakan mesin motor masih mengandalkan mesin pendingin angin, artinya hanya akan bekerja jika ada udara yang bergerak.

sedikit Tips dan tulisan dari saya...semoga bermanfaat dan salam sport untuk Brother-brother  otomotif di luar sana ...

see..you next time brooooo

Cara perawatan mesin motor

yoooo,,,,,whatss upp,,para pecinta Otomotif di seluruh pelosok negeri.kali ini gue akan membahas

 ''gimana sih cara merawat mesin motor yang baik dan benar?''.




yappp...disinilah tempatnya gue akan membahas tips-tips untuk merawat mesin dan perfoma motor agar selalu ''Siap GASSS..'' dimanapun dan kapanpun.Dan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan diantaranya adalah, bagaimana cara merawat motor yang benar, bagaimana cara merawat rantai motor biar halus suaranya, atau untuk pengguna satriaF150 bagaimana cara merawat motor satria fu agar awet dan tahan lama. Nah dibawah ini gue akan jelasin dari pertanyaan diatas, dimana beberapa sumber yang saya dapat dari yahoo answer dan beberapa pengalaman pribadi maupun orang lain.


lakukan perawatan secara rutin rajin rajin mengecek .kerusakan dan ke Aus an sparepart motor anda tentu akan membuat motor lebih awet dan tahan lama seperti baru .Sooo apa aja sih yang perlu di perhatikan ;

1. Pastikan pada saat pagi hari sebelum memulai kegiatan berkendara mesin motor wajib di panasi yaa  istilah keren nya warm up/streching dulu biar oli naik dan mesin panas dan alangkah baik nya sebelum menyalakan sepeda motor gunakan kick starter(genjotan) dan mesin dlm keadaan mati (kunci kontak off)mengapa dan kenapa harus seperti itu terlebih dahulu sebelum mulai menyalakan mesin.Supaya oli yang berada di bawah Crankcase/gearbox naik melumasi Boring/liner agar pada saat waktu mesin menyala dan mulai pembakaran bagian Seher/Piston sudah terlumasi oli dengan rata untuk menghindari gesekan yang mengakibatkan rumah piston rusak
2. Menentukan Oli mungkin sebagian orang menganggap remeh hal ini tapi hati hati hal ini sangat penting karna merk dan jenis oli bisa di sesuaikan dengan mesin(kebutuhan mesin)yang kamu pakai mulai dari keencerannya ataupun kekentalannya.
3. Dan hal sepele selanjut nya soal kebersihan body luar sepeda motor cucilah setidaknya 2x dlm 1 minggu atau sering sering di lap agar tidak ada kotoran yang menyebabkan body berjamur bahkan kerusan pada mesin akibat terselip kotoran


     1.kick stater di pagi hari sebelum memulai menyalakan mesin

                      2.Pilih oli sesuai kebutuhan mesin anda

                    3. cuci sepeda motor anda 2x dalam 1 minggu

Merawat motor dengan baik itu adalah hal yang wajib, karena selain menjaga motor tetap awet, bisa juga motor terlihat masih baru karena dirawat dengan baik, salah satunya cat-catnya masih begitu mulus dan belum luntur warnanya. Untuk itu kamu bisa melakukan perawatan sendiri dirumah berikut caranya.

A. Cek filter karburtor
     Ada 2 jenis tipe fiter di kendaraan bermotor yakni filter basah dan filter kering ,untuk filter          basah cara membersihkan nya dengan cara di bersihkan dengan bensin dan setelah nya di lumasi dengan oli.Untuk fiter kering cukup mudah cukup di semprot dengan angin kmpresor maka kotoran debu yang menempel akan bersih bersamaan dengan angin kompresor

B. Cek karburator
      Karburator termasuk komponen paling penting dalam kendaraan bermotor .ada beberapa jenis karburator di kendaraan bermotor yakni tipe jarum skep ,tipe vacum.atau baru baru ini yang sudah bnyak bermunculan yaitu injeksi .sebenarnya untuk orang yang tau soal karburator cuma ada beberapa komponen di dalam nya seperti pilot jet,main jet tapi saran dari saya buat yang belum faham tentang karburator mending di bawa ke bengkel terdekat karna walaupun berkomponen sedikit tpi rada susah untuk menyeting stasioner nya atau ke langsam man motor tersebut .

C.Cek busi motor
    sparepart 1 ini sangat lah penting untuk motor  entah itu sebagai penyalur Api dan juga sebagai penentu performa laju kendaraan bermotor kita juga bisa melihat seberapa pas bahan bakar kita untuk sepeda motor kita melalui busi tersebut.Untuk lebih terawat gantilah busi kendaraan bermotor anda setiap 10ribu KM.Untuk menjaga performa kendaraan bermotor anda tetap Vit 

D.Cek rantai gear 
     Rantai gear juga sangat berpengaruh di laju kendaraan bermotor karna sebagai satu-satu nya penyalur dari tenaga mesin ke roda motor kita .cukup mudah untuk merwat nya apalagi sekarang sudah bnyak bermunculan produk-produk pembersih gear rantai yang banyak terjual di bengkel bengkel yang perlu kita amati kekendoran rantai jarak maksimal naik turun rantai 2cm karna kalau terlalu kencang dan tidak mempunyai gerak juga sangat berbahaya

E.Cek air accu 
   sekarang sudah jarang produk motor mengeluarkan motor dengan menggunakan Accu basah kebanyakan menggunakan accu kering yang setau saya sekali pake ''lo ngadat ya minta di ganti''hehehe tapi untuk accu yang basah kita cukup memperhatikan air accu yang ada di dalam accu biasanya sudah terdapat tulisan High-low tinggal kita sering sering cek saja.

F.Gunakan sparepart asli
   ngomong in sparepart di jaman sekarang sudah banyak sekali produk-produk KW iya memang soal harga jauh lebih murah di banding yang asli(Original) tapi kebanyakan mesin motor rusak karna pemakaian sparepart KW karna bahan yang di gunakan beda jelas sama produk asli.jadi mending bayar rada mahal an dikit tapi di motor awet.nyaman dan yang jelas kita gak terlalu sering merogoh dompet kita untuk beli sparepart ,jadi saran saya pakai lah produk sparepart asli.

G.Jangan geber motor berlebihan

    lo soal 1 ini pasti semua pernah melakukan apa lagi saya '' hehehehe'' .geber motor sebenarnya tidak bagus karna bisa merusak bagian piston karna bekerja lebih tidak pada umum nya dan bisa mengakibatkan kekendoran pada komponen dalam sepeda motor..jadi pakai nya alakadar nya saja selain ramah lingkungan dan yang pasti motor lebih awet,,''yang waktu jaman sekolah buat pelajaran saja ''hehehehehehe




mungkin itu dulu tips merawat mesin kendaraan sepeda motor bisa di coba di rumah sekalian berkotor-kotor ria  hehehehe semoga tulisan di atas bermanfaat untuk merawat motor di rumah 

see you next time yaaa....salam otomotif