Wednesday, 7 December 2016

ciri-ciri mesin motor (lansia),harus turun mesin

yoooooooo whats uppp....para pecinta otomotif di tulisan blog saya kali ini,saya mau bagi-bagi sedikit cerita soal ciri-ciri mesin motor yang sudah ber umur(lansia) hehehehe kya engkong-engkong dong,namanya juga cuma ciptaan manusia apa lagi mesin yang setiap hari kita gunakan untuk beraktifitas pasti akan datang lah masa di mana mesin motor harus di upgrade dengan part/komponen yang baru agar mesin gesit lagi seperti pertama kita beli dari dealer biasanya hal ini dinamakan turun mesin.

"apa sih turun mesin itu?"

Turun mesin adalah membongkar total/keseluruhan mesin sepeda motor ,hal ini biasanya di sebabkan karna terjadi kerusakan pada bagian dalam mesin motor seperti seher(piston),klep(katub),noken as,setang seher,bahkan gearbox(rasio) tidak mungkin kan kita bisa benahi itu semua dari luar tanpa menurunkan dan membongkar keseluruhan mesin,tidak hanya rusak turun mesinjuga di lakukan untuk mengganti part/komponen yang lanjut usia(ber umur)

gmb.contoh motor turun mesin
Turun mesin juga bisa jadi momok/mimpi buruk bagi pengguna sepeda motor karena selain harus merogoh kocek dalam-dalam (mahal),dan motor yang harus minta untuk turun mesin biasa nya ngeselin ada aja kode-kode rewel nya seperti susah nyala,ngadat,dan yang paling bahaya suka mogok dan kalau mogok gak mandang tempat alias tiba-tiba bisa sampe kantor telat dimarahin si bos bahkan telat jemput si Do'i ehmmm brabe kan urusan nya .

nah langsung saja biar tidak di marahin si bos karna sampe kantor telat dan di judes in si Do'i gara-gara telat jemput,sebaik nya kita kenali ciri-ciri motor harus turun mesin,simak di bawah ini

  • Terdengar bunyi/suara Alay(berisik) di bagian mesin motor,biasanya berasal dari katub/klep karna setelah sudah berubah terlalu longgar atau bisa dari noken as yang mulai Aus,rantai keteng/kamprat yang terlalu kendor juga bisa menimbulkan suara berisik.jika anda menemui masalah ini segera lah melakukan penyetelan ulang atau penggantian komponen yang mungkin sudah tidak layak pake agar kerusakan tidak mremen kemana-mana,pasal nya apabila ada satu kerusakan/perubahan ukuran penyetelan dan kita menghiraukan nya itu akan mengubah/mengganggu kinerja dari lain komponen sehingga komponen yang semula baik-baik saja juga akan ikut rusak karna tidak bekerja sesuai prosedurnya
  • Oli mengalami kebocoran,hal ini mungkin di anggap sepele bagi beberapa orang tapi ini sebenarnya sangat berbahaya bagi mesin kita mau pun pengendara sepeda motor lainya karena tetesan/ceceran oli yang kluar dari mesin kita bisa menyebabkan kecelakaan karna licin.biasanya kebocoran terjadi pada blok magnet,blok kopling,bahkan calter(crankcase) mesin kita hal ini di sebabkan karena gasket yang sobek,perpack yang mulai kaku,dan lem yang mulai pudar,segeralah mengganti untuk keamanan semua keluar duit dikit semua selamat dari pada mundur-mundur bisa brabe juga critanya 
  • Keluar asap putih Ghaib pada knalpot(ngebul putih).Pada saat pagi hari sebelum kita memulai beraktifitas menggunakan sepeda motor biasanya kita memanasi terlebih dahulu motor kita sembari sarapan ataupun ngopi hehehe,dan tiba tiba muncul asab putih di bagian knalpot motor kita biasanya terjadi kerusakan pada bagian ring piston sehingga oli dapat masuk ke ruang bakar dengan mudah dan ikut terbakar bersamaan dengan bensin .Segera lah mengganti karna pada saat fase seperti ini kita tidak perlu melakukan turun mesin total cukup setengah saja di bagian head dan slinder saja ,dari pada di undur-undur malah mengakibatkan kerusakan yang berlebih,mremen dan terjadi turun mesin total
nah makanya mending kita rawat dan perhatiin motor kita agar kita tau bagian mana yang rusak dan kita bisa langsung melakukan penanganan supaya tidak mremen ke komponen-komponen lainnya..

mungkin itu dulu ya yang bisa saya tulis ,terus baca tulisan tulisan di blog saya yaaaa ,semoga bermanfaat .terimaksih 




No comments:

Post a Comment