hallo...salam sport buat para pecinta otomotif di seluruh pelosok negeri kali ini saya akan membahas tentang ''apa sih mesin DOHC itu''..terlebih lebih dan yang kita sering dengar di mesin satriaF150 yang sudah hampir di seluruh indonesia menggunakan motor keluaran Susuki ini.SatriaF150 ini mengusung mesin 150 cc 4 langkah 4 katup DOHC(double overhead cam),transmisi 6 speed serta dilengkapi system pendingin SACS(suzuki advance cooling system) system pendingin ini memanfaatkan sirkulasi oli sebagai system pendingin pada bagian mesin yang cepet panas(kepala silinder dan buring).
Tapi disisi lain dari performa yang diusung oleh pabrikan Susuki ini tentu nya juga mempunyai kelemahan atau kekurangan nya .Beberapa pengendara motor satriaFU150 sering mengeluh ada nya suara tidak enak atau bikin risi yang berasal dari mesin pabrikan Susuki ini. Hal ini biasanya yang sering terjadi adalah rantai mesin yang sudah kendor dan harus segera diganti. Ada juga munculnya suara-suara berisik itu bukan berasal dari rantai mesin tetapi dari setelan klep (shim klep) yang mulai aus atau merengang.kita tahu bahwa setelan klep yang dianjurkan pada motor ini (setelan klep bawaan pabrik) untuk klep in/klep masuk antara 0,10-0,20 mm dan untuk klep ex/klep buang 0,20-0,30mm. Bila setelan klep sudah tidak sesuai standard atau melebihi ukuran, biasanya klep akan menimbulkan bunyi berisik(tik tik tik)dan jika itu didiamkan dan dibiarkan berlarut-larut resikonya bisa fatal bisa menyebabkan batang (arm) klep ikut aus.
ooooya....di mesin satriaf150 ini pada bagian Noken as belum menggunakan bantalan berupa bearing hanya mengandalkan celah yang ada di tutup kepala noken dan kepala slinder .Hal ini menyebabkan celah membesar akibat timbul nya gesekan yang terus menerus saat mesin motor nyala/dihidupkan.
''trusss bagai mana mengatasi problema DOHC tersebut?''
Hal pertama yang harus dilakukan pastikan noken as dalam keadaan standatr,masih pada posisi standart,masih kencang,tidak goyang dan pesan saya jangan buru buru buat ganti/beli head,slinder baru kita masih bisa atasi hal tersebut dengan cara menyetel kembali noken as kita.
1.posisi T/Top noken as satriaFU |
- Pertama copot oil cooler,body.knalpot.bagian yang sekiranya menggangu penyopotan head slinder.kemudian buka mesin dan lepaskan head slinder....eeeeeittt jangan lupa sebelum membongkar mesin pastikan mesin motor anda berada dalam posisi T (top)
- Siapkan 4 buah bearing yang akan digunkan untuk noken as
- kemudian bawa ke tukang bubut besertakan head slinder,noken.bearing dan jelaskan bagaimana bearing tersebut di pasangkan tai kebanyakan tukang bubut sudah paham maksud kita karna mereka sudah sering melakukan itu Setelah itu pasang kembali head.noken .tentunya dengan ukuran yang standar dan pemasangan yang standar
2.noken as dan bearing setelah di bubut |
Dan keluhan/problema di susuki satria fu yakni..''kok brebeet ya di RPM rendah''
solusi untuk mbrebet ganti dengan pilot jet yang berukuran lebih tinggi ukuran standart pilot jet di karburator Susuki satriaF150 ini 12,5 maka kita bisa pake yang ukuran 5 atau 17,5 tinggal menyesuaikan.Kita bisa beli sparepart itu di dealer resmi disana tersedia bnyak denagn harga 28-30ribu saja ,,dan sekalian minta tolong setting di sana juga tentunya dengan peralatan yang modern sehingga motor akan mendapatkan hasil yang maksimal.
3.karburator satriaF150cc |
Mesin motor halus tidak ada suara-suara ghaib heheheh tidak breebet juga udah siap dah mboncengin si Do'i heheheheheh..dan jangan lupa panaskan motor sebelum di gunakan untuk ber aktifitas cukup 3-5 menit an saja tidak usah lama-lama,karna kalau terlalu lama mesin cenderung Overheat ,efeknya knalpot nya akan berwarna kekuningan.ingat bahwa kebanyakan mesin motor masih mengandalkan mesin pendingin angin, artinya hanya akan bekerja jika ada udara yang bergerak.
sedikit Tips dan tulisan dari saya...semoga bermanfaat dan salam sport untuk Brother-brother otomotif di luar sana ...
see..you next time brooooo
No comments:
Post a Comment