Tuesday, 6 December 2016

Penyebab persneling(gigi) motor susah berpindah

Hallo brother Otomotif kembali bersama saya di blog seputaran Otomotif ini kali ini saya akan membahas tentang Gearbox/Rasio pada sepeda motor...

''apa sih gearbox/rasio itu?''

okey mari kita bahas di sini gearbox/rasio adalah pemindah tenga penggerak ke mesin.kita membahas tentang gearbox/rasio pada kendaraan sepeda motor sering kita temui masalah di perpindahan gigi lagi asik touring,atau lagi boncengin si do'i  eeeee pas waktu nya mau nyelip apa menambah aksekerasi memindah gigi tiba tiba susah di pindah bahkan timbul suara '' cleeeetakkk''..pada gearbox/rasio kendaraan kita kan jadi malu ilang deh gagah nya hehehehe 

selain malu malu in hal ini juga membahayakan kita sebagai pengendara sepeda motor apa lagi di posisi kita ketika mau menyalip yang sudah bisa kita perhitungkan jarak nya Miss gara gara perpindahan gigi tidak seperti yang kita harapkan..

''trus bagaimana mengatasi hal tersebut?''

untuk mengatasi hal tersebut kita harus mengecek bagian komponen dari
gmb.Mur/baut penyetel speling.

  • cek mur/baut penyetel speling(speleng/space) jarak renggang tuas persneling bila di setel terlalu sempit,perpindahan gigi memang lebih empuk,namun akselerasi motor biasanya malah agak lamban(delay) dan sebalik nya bila terlalu renggang bikin sulit buat pindah persneling,pasal nya bila kerenggangan kampas belum maksimaltapi tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi akibat nya seperti yang saya ucap tadi '' Cleeetaaaak" timbul hentakan..sebaik nya bro kalian setel dengan jarak kerenggangan sekitar 3mm saja itu sudah cukup
  • cek lengan pendorong kopling jika bola penekan lengan otomatis dan alur nya sudah mulai rusak biasanya perpindahan persnelin susah meskipun mur/baut penyetel speling sudah di setel
  • gmb.Lengan pendorong kopling.
    gmb.pelat koplin dan kampas kopling
  • pelat kopling jika dengan lengan pendorong tidak ada masalah cek pelat kopling biasanya sudah mulai melengkung posisi kerenggangan kampas kopling jadi tidak maksimal alhasil gearbox yang masih berputar akan mempersulit tangkai pemindah menggeser drum pemindah gigi,untuk mengetahui plat yang sudah melengkung bisa ditempelkan ke rumah kopling/ atau dengan kaca itu akan jelas terlihat sudah melengkung apa tidak disarankan untuk segera mengganti ketika sudah melengkung
ni Bro saya tambahin ukuran kampas kopling yang masih layak pake dan yang sudah harus di ganti bila di ukur menggunakan jangka sorong ukuran kampas kopling standar/masih bagus yakni 2,7mm dan minimal masih bisa di gunakan 2,5mm bila di bawah itu 2,2-2,4mm maka sudah habis dan harus di ganti karna selain kurang pas di performa mesin juga dapat merusak komponen lain nya di seputaran kopling dan perpindahan tenaga dari gearbox ke roda

'' bagaimana sih cara memasang kampas kopling?''


gmb.cara memasang kampas kopling

okey cara memasang kampas kopling tentunya anda harus menyiapkan bebera kunci ehehehehehe masak iya nyiapin bumbu dapur hehehehe bercanda bro biar gak spaneng hhehe...yang perlu kita lakukan 
  1. Tap oli/keluarkan oli yang berada di mesin melalui baut di bawah mesin ,dan copot postep,dan kanlpot
  2. stelah itu copot kick-stater dan beberapa baut bak kopling 
  3. setekah terlepas maka rangkaian yang terdiri dari pegas.penekan plat,dan kampas kopling yang sudah terurai
  4. lepaslah beberapa baut pengikat kampas kopling dan plat kopling .Dengan catatan cara melepas baut harus sam rata tidak boleh satu persatu bahkan sampe lepas satu persatu itu akan mengakibatkan baut doll/rusak karna terlontar dengan per kopling
  5. setelah terbuka silahkan lepas kampas kopling satu persatu bersamaan dengan plat kopling dan pastikan stelah mengganti yang baru dan memasang nya kembali tidak terbalik antara kampas kopling dan plat kopling
  6. setelah tertata semua lakukan pemasangan urut dari akhir .pengencangan baut per kopling juga sama harus rata agar kampas kopling tertata dengan tepat
Inti dari bongkar pasang part motor yakni mengingat/menghafal apa yang kita lepas dari situlah kita bisa dan tidak perlu jauh jauh ke bengkel untuk mengganti part sepeda motor kita yang penting niat hehehe

sekian dari saya semoga apa yang saya tulis bermanfaat...jangan takut mencoba jangan takut salah dalam hal apapun apalagi hal positif untuk berbengkel...okey salam sport buat kita semua,,,

seeee you next time..

No comments:

Post a Comment